Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Buah Pear

Halo teman-teman, hari ini aku mau ngomongin tentang beberapa jenis buah yang bisa kalian tanam di rumah. Tapi jangan ngira budidaya itu hal yang gampang ya, butuh kesabaran dan kerja keras. Tapi tenang aja, aku akan kasih tips biar kalian bisa berhasil tanam buah dengan baik.

Buah Nangka

Buah Nangka

Apa itu buah nangka? Nah, buah nangka adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini punya daging yang tebal dan aromanya yang khas. Mengapa kalian harus tanam buah nangka? Karena selain rasanya enak, nangka juga punya kandungan vitamin C dan kalori yang rendah.

Jenis-jenis buah nangka ada banyak, tapi ada dua yang biasa ditanam yaitu nangka gajah dan nangka bondo. Cara menanam buah nangka harus sabar nih, karena butuh waktu setidaknya 3 tahun untuk bisa berbuah. Tapi kalo sudah berbuah, bisa bertahan hingga 15 tahun loh!

Berikut ini langkah-langkah cara menanam nangka:

  1. Pilih bibit yang sehat
  2. Ambil biji dari buah nangka, bersihkan dari kulit buah dan keringkan
  3. Tanam biji di tanah dengan kedalaman 2-3 cm
  4. Rutin siram dan berilah pupuk organik setiap 2 minggu sekali
  5. Pastikan tanaman mendapat sinar matahari yang cukup serta terhindar dari hama serangga dan penyakit

Keuntungannya? Kalian bisa makan buah nangka segar tiap hari di rumah. Jangan lupa pula menjual ke tetangga dan teman kalo sudah panen buah nangka yang berlimpah, yuk share kebahagiaan.

Buah Duku

Buah Duku

Duku adalah buah yang asalnya dari Asia Tenggara dan memiliki nama latin Lansium parasiticum. Buah ini dikenal dengan nama yang beragam, seperti kokosan, lai, langsat, dan duku. Apa manfaatnya? Duku kaya akan vitamin C dan antioksidan. Selain itu, konsumsi buah duku juga diketahui membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Untuk tumbuhnya sendiri, tanaman duku harus ditanam di daerah yang hangat. Ada 4 jenis buah duku yang dikenal di Indonesia, yaitu

  1. Duku maggoty atau duku buton
  2. Duku paok
  3. Duku langsat
  4. Duku dokong

Berikut ini adalah cara menanam buah duku:

  1. Siapkan biji duku atau stek pucuk yang sudah dipangkas
  2. Tanam di lubang yang cukup besar, dengan bantuan pupuk kandang atau campuran pupuk sintetis organik
  3. Rutin siram dan tanam di tempat yang terkena matahari langsung.

Tips untuk menanam buah duku adalah selalu periksa serta kontrol tanaman selama masa pertumbuhan buah. Hal ini penting karena buah duku termasuk mudah terserang penyakit dan hama loh.

Buah Pear

Buah Pear

Buah pear atau buah pir memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut. Buah ini kaya akan serat, vitamin C dan kalium. Tanaman buah pear bisa ditanam di daerah yang dingin hingga tropis. Ada banyak jenis pir, di Indonesia yang biasanya tumbuh adalah pear Abate Fetel, Brandy, Bartlett, dan Packham's Triumph.

Tips untuk menanam buah pear:

  1. Sediakan bibit yang sehat
  2. Pilih lahan yang cukup besar untuk tanam pir
  3. Pindahkan tanaman di musim semi atau musim gugur dan pastikan tanaman mendapat sinar matahari yang cukup.
  4. Siram tanaman secara teratur
  5. Rutin berikan perawatan seperti pemangkasan dan penyiraman pupuk

Keuntungannya? Selain bisa dimakan segar, pear juga bisa diolah menjadi jus, daging pear bisa dijadikan lapisan topping kue atau dipanggang, serta bisa digunakan sebagai pelengkap salad buah.

Buah Srikaya

Buah Srikaya

Buah srikaya merupakan buah yang memiliki rasa manis dan segar. Buah ini punya kandungan serat yang tinggi dan mampu membantu memperlancar sistem pencernaan. Buah srikaya diperkirakan berasal dari daerah Meksiko.

Cara menanam buah srikaya:

  1. Sediakan biji buah srikaya dan tanam di dalam drum
  2. Rutin siram dan jangan lupa untuk memberikan pemupukan secara teratur
  3. Buka bagian atas drum dan biarkan matahari menyinari agar tanaman tetap sehat
  4. Semprotkan obat anti-hama untuk menghindari menyebarnya hama

Jenis-jenis srikaya ada banyak, seperti ada srikaya kapulasan, baddung, demak, dan masih banyak lagi. Kalian bisa memilih jenis srikaya yang tertarik untuk ditanam.

Buah Sawo

Buah Sawo

Buah sawo merupakan buah yang biasa ditemukan di Indonesia. Buah ini kaya akan serat dan rendah kalori. Ada beberapa jenis buah sawo, diantaranya sawo jumbo, sawo kecik, dan sawo kopyor. Sawo bisa tumbuh baik pada daerah iklim tropis.

Cara menanam buah sawo:

  1. Siapkan biji sawo yang banyak dijual di berbagai pasaran
  2. Siapkan tanah yang subur dan campurkan pupuk kandang
  3. Langsung tanam biji di tanah, atau bisa disemaikan terlebih dahulu hingga terbentuk bibit yang siap ditanam
  4. Siram tanaman dengan rutin
  5. Pangkas atau potong cabang yang terlalu banyak agar buah sawo bisa tumbuh dengan baik

Tips ketika menanam buah sawo adalah selalu periksa kondisi tanaman. Saat tanaman sudah mampu menghasilkan buah, yang harus dilakukan adalah menjaga kelembaban tanah dan selalu periksa kematangan buah sawo untuk dipanen.

Nah, itu dia tip cara menanam 5 jenis buah yang biasa ditanam di Indonesia. Semoga bisa jadi ide untuk hobi baru di rumah ya. Ingat, pohon buah akan tumbuh dengan baik jika kita memberikan perhatian dan mencintai tanaman tersebut.


Posting Komentar untuk "Cara Budidaya Buah Pear"