Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Azolla Untuk Pakan Ayam

Bercocok tanam merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi jika seorang petani berhasil memanen hasil panen yang melimpah. Namun, untuk membudidayakan tanaman tidak hanya membutuhkan bibit, pupuk, dan alat-alat pertanian saja. Ada satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam membudidayakan tanaman yaitu pakan ternak yang digunakan untuk memberi makan hewan ternak.

Pakan Ternak Azolla

Dalam dunia peternakan yang tengah berkembang pesat, banyak peternak yang menciptakan pakan ternak alternatif yang lebih murah, mudah didapat, dan lebih sehat. Salah satu pakan ternak alternatif yang saat ini mulai popular di kalangan peternak adalah pakan ternak Azolla.

Pakan Ternak Azolla

Apa Itu Azolla?

Azolla merupakan sejenis tanaman air yang mampu tumbuh dengan cepat dan tidak mempunyai akar tunggal. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai pupuk organik yang berkualitas tinggi, dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan dan ternak.

Mengapa Azolla Cocok Sebagai Pakan Alternatif?

Azolla mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi, terutama protein yang mencapai 16%-22%, dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan protein pada pakan jerami. Tak hanya itu, Azolla juga mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak yang sangat berguna untuk pertumbuhan hewan ternak, seperti kambing, sapi, ayam dan ikan.

Jenis-Jenis Azolla

Secara umum, Azolla memiliki dua jenis yaitu Azolla Pinnata dan Azolla Microphylla. Azolla Pinnata memiliki tekstur yang lebih tebal, sedangkan Azolla Microphylla bertekstur lebih halus. Meskipun begitu, kedua jenis Azolla tersebut memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama.

Cara Budidaya Azolla

Salah satu keunggulan dari Azolla adalah tumbuh dengan sangat cepat dan mudah dibudidayakan. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membudidayakan Azolla:

  1. Persiapkan kolam atau wadah air dengan ukuran yang cukup besar, bisa berupa kolam terpal atau Drum berukuran 200 liter. Pastikan wadah air tersebut berwarna gelap, agar alga yang tumbuh akan lebih banyak.
  2. Isi wadah tersebut dengan air bersih, dan tambahkan pupuk kandang sebanyak 1-2kg/meter persegi.
  3. Setelah itu, masukkan Azolla sekitar 200-500 gram/meter persegi pada kolam atau wadah air.
  4. Atur suhu air pada kisaran 25-30 derajat Celsius, dan jangan lupa melakukan pengadukan air sehari sekali agar nutrisi dalam Azolla tercampur merata.
  5. Azolla dapat dipanen dalam waktu 5-7 hari setelah penanaman. Panen dilakukan dengan cara menyapu Azolla dengan menggunakan saringan atau tikar, lalu jemur sampai benar-benar kering. Azolla yang sudah kering dapat disimpan dalam tempat yang tertutup rapat.

Keuntungan Menggunakan Azolla sebagai Pakan Alternatif

  1. Ekonomis: Azolla tergolong murah, karena pakan ini mudah dibudidayakan dan tidak memerlukan banyak biaya dalam pengolahannya.
  2. Pemanfaatan Lahan Yang Efektif: Azolla bisa tumbuh pada lahan sempit dan air miskin, sehingga area yang diperlukan untuk budidaya Azolla relative lebih kecil.
  3. Kaya Akan Protein: Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Azolla mengandung protein yang tinggi, dan sangat cocok sebagai pakan alternatif bagi hewan ternak.
  4. Meminimalkan Dampak Lingkungan: Penggunaan Azolla sebagai pakan alternatif dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, karena penggunaan pupuk kimia dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran tanah dan air.

Tips Dalam Budidaya Azolla

  1. Jangan berlebihan dalam memberikan pupuk. Karena terlalu banyak pupuk kandang dapat menyebabkan air menjadi keruh dan menurunkan keberhasilan dalam budidaya Azolla.
  2. Sinar matahari yang terlalu menyengat dapat menyebabkan kolam air menjadi panas dan mengurangi pertumbuhan Azolla. Jadi pilih tempat yang teduh atau bisa diatup agar sinar matahari tidak terlalu panas.
  3. Setiap 5-7 hari sekali lakukan penggantian air pada kolam budidaya Azolla, agar air tetap bersih dan sehat untuk Azolla tumbuh.
  4. Berikan nutrisi tambahan, seperti Belut, ikan nila atau limbah cair peternakan, untuk memperkaya nutrisi yang dibutuhkan Azolla dalam tumbuh.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai Cara Budidaya Azolla Sebagai Sumber Pakan Alternatif. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para peternak yang ingin mencoba pakan ternak alternatif yang murah dan berkualitas tinggi.


Posting Komentar untuk "Cara Budidaya Azolla Untuk Pakan Ayam"