Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Azolla Di Kolam

Aku mau kasih tau nih tentang tanaman super kecil yang bisa banget untuk dikembangbiakkan di kolam ikan atau bahkan kolam terpal kamu, namanya adalah Azolla. Tanaman ini ternyata nggak hanya bagus untuk kamu yang memiliki hobi di bidang pertanian, tapi juga sangat berguna untuk komoditas budidaya ikan kamu.

Apa itu Azolla?

Azolla adalah tumbuhan air berdaun kecil yang tumbuh di permukaan air. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah beriklim tropis dan subtropis. Ada beberapa jenis Azolla yaitu Azolla microphylla, Azolla imbricata, Azolla caroliniana dan lain-lain.

Mengapa Azolla Penting?

Tanaman ini sangat penting bagi pertanian karena banyak manfaat yang dimilikinya. Beberapa manfaat dari Azolla antara lain:

  • Sebagai sumber pakan ternak
  • Sebagai pakan ikan
  • Bisa menghasilkan biofertilizer yang baik untuk tanaman lainnya
  • Dapat mengontrol pertumbuhan gulma di perairan
  • Bisa membantu menjaga kualitas air di kolam

Jenis-Jenis Azolla

Terdapat beberapa jenis Azolla yang dapat kamu kenali, diantaranya:

  • Azolla microphylla: Memiliki daun hijau kecokelatan, struktur daunnya rapat dan tersusun rapi. Ukuran daun biasa nya kurang dari 2,5 cm dan relatif lebih lebar dibandingkan dengan A.pinnata dan A.imbricata. Tumbuh subur di air yang tidak terlalu deras aliran airnya.
  • Azolla imbricata: Memiliki daun hijau kebiru-biruan, struktur daunnya rapat dan tersusun rapi. Ukuran daun biasa nya kurang dari 2 cm.
  • Azolla caroliniana: Memiliki bagian atas daun warna merah-kecokelatan, sedangkan bagian bawah daun berwarna hijau keabu-abuan. Ukuran daun lebih besar daripada jenis Azolla lainnya. Biasanya di budidaya pada kolam terpal kolam nila atau kolam lele.

Cara Budidaya Azolla

Yuk, kita coba budidaya Azolla di kolam plastik atau bahkan terpal kolam yang sedang kamu miliki. Ini dia caranya :

  1. Pertama, sediakan bibit Azolla. Kamu bisa membeli bibit Azolla secara online atau dari toko pertanian di dekat kamu.
  2. Kedua, siapkan kolam atau terpal kolam yang kosong. Bersihkan kolam hingga bersih dari kotoran ikan dan kotoran yang lainnya.
  3. Ketiga, jika kamu menempatkan Azolla di dalam kolam, sebaiknya kamu pindahkan ikan ke kolam lain yang sama-sama luasnya. Sebab, ikan bisa makan Azolla saat masih kecil dan belum tumbuh besar.
  4. Keempat, sebar bibit Azolla ke dalam kolam atau terpal kolam. Kamu bisa menaburkannya secara merata di permukaan kolam. Pastikan setelah ditebar, bibit tidak tersebar pada sebuah titik semua.
  5. Kelima, berikan pupuk. Ada beberapa jenis pupuk yang bisa kamu berikan untuk Azolla kamu :
    • Urea : Sebanyak 100 kilogram per hektar atau 1 gram per liter.
    • Phonska : 100 kilogram per hektar atau 1 gram per liter.
  6. Keenam, pastikan air dalam kolam atau terpal kolam selalu terjaga dengan baik dan cukup, karena Azolla sangat membutuhkan air yang cukup untuk tumbuh.
  7. Ketujuh, perbaiki kolam jika ada yang rusak agar ikan tetap nyaman dan tidak terganggu.
  8. Kedelapan, panen Azolla dari kolam atau terpal kolam setelah kurang lebih 7-10 hari. Kamu bisa memanen Azolla sebanyak 30-40 persen dari jumlah bibit yang ditebar. Kemudian, biarkan Azolla tumbuh kembali.

Keuntungan Budidaya Azolla

Budidaya Azolla memiliki banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan, diantaranya :

  • Menghasilkan pakan yang murah dan bergizi untuk ternak ataupun ikan
  • Bisa menghasilkan biofertilizer untuk tanaman lainnya
  • Bisa mengontrol pertumbuhan gulma di perairan
  • Bisa membantu menjaga kualitas air di kolam
  • Meningkatkan produktivitas pertanian kamu

Langkah-Langkah Perawatan Azolla

Setelah bibit Azolla sukses kamu budidaya, kamu juga harus sering merawat Azolla kamu agar tetap sehat dan berkembang di area tumbuhnya. Berikut ini adalah beberapa cara merawat Azolla yang bisa kamu lakukan :

  1. Jangan memasang terpal kolam terlalu rapat, sehingga air cukup terpapar sinar matahari.
  2. Budidaya Azolla sangat membutuhkan sinar matahari, sehingga kamu harus seringkali memperbaiki posisi terpal kolam kamu agar sinar matahari dapat masuk ke dalam kolam tersebut.
  3. Meningkatkan kualitas air kolam yakni dengan cara membuang air lama dan mengganti dengan air yang baru.
  4. Kamu juga harus sering menghapus gulma yang mengganggu supaya pertumbuhan bibit Azolla lebih efektif.

Tips Memanen Azolla

Nah kalau sudah masuk pada masa panen Azolla, kamu jangan sekali-kali lupa memberikan perhatian ekstra agar hasil panen Azolla kamu maksimal. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk hasil panen Azolla :

  1. Sebelum kamu mulai memanen Azolla, kamu perlu mengeringkan kolam selama beberapa waktu, sehingga bibit Azolla bisa meresap dan tumbuh dengan baik
  2. Jangan memanen Azolla hingga habis, sebab hal ini bisa merusak pertumbuhan Azolla lainnya.
  3. Kamu juga bisa memberikan pupuk secara berkala agar pertumbuhan Azolla lebih maksimal.

Itulah informasi tentang tanaman Azolla yang sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari sumber daya pakan yang mudah dan murah. Selain itu, budidaya Azolla juga punya banyak manfaat lainnya bagi pertanian dan ikan. Yuk, mulai budidaya Azolla sekarang juga dan rasakan manfaatnya untuk pertanian kamu!


Posting Komentar untuk "Cara Budidaya Azolla Di Kolam"